Minggu, 04 Juli 2010

Terminasi Ketiga ComDev BEM UI 2010 - 20 Juni 2010

Salam ComDev!

Terdapat tiga kegiatan yang direncanakan berjalan pada Terminasi ketiga di Desa Leuwinanggung RW 04 pada tanggal 20 Juni 2010. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain adalah dua sesi bincang santai mengenai management kewirausahaan dan keorganisasian. Sedangkan untuk anak-anak, terdapat acara belajar bersama.

***

Seperti pada terminasi-terminasi sebelumnya, terminasi ketiga kali ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Diawali dengan acara untuk anak-anak yang bertempat di salah satu kediaman Ibu Sri, kegiatan belajar bersama dimulai. Akan tetapi, pada pagi itu, histeria anak-anak Desa Leuwinanggung RW 04 kurang terdengar. Jika dibandingkan dengan terminasi sebelumnya, jumlah anak-anak yang hadir pada terminasi kali ini menurun drastis. Akan tetapi, dengan jumlah kurang lebih 15 anak, semangat dalam melaksanakan kegiatan belajar bersama tersebut tidak berkurang. Berawal dengan belajar bahasa inggris belajar bahasa inggris dasar seperti pengenalan nama buah, penulisan, dan pelafalan. Setelah pengenalan mengenai bahasa inggris, anak-anak masuk pada acara membaca bersama. Jadi, masing-masing dari mereka memilih buku pilihan yang akan mereka baca. Pilihan mereka cukup variatif, tidak terpaku pada buku cerita namun mereka memilih buku-buku pengetahuan. Dan banyak dari mereka yang memilih buku pengetahuan mengenai binatang, seperti penjelasan cara hidup dinosaurus, jenis-jenis unta, dan sifat-sifat beruang. Setelah acara kegiatan membaca bersama selesai, kami menyediakan selembar karton putih besar dan beberapa batang sepidol yang akan digunakan untuk menggambar, walaupun melenceng dari rencana awal namun ide ini berhasil mencegah anak-anak berkelahi.

***

"Pemasaran adalah jantungnya bisnis". Kalimat tersebut mengandung pengertian bahwa pemasaran adalah suatu hal yang bisa membuat bisnis lebih hidup. Dalam acara terminasi ketiga ini, Community Development BEM UI 2010 mengadakan sebuah bincang santai tentang Manajemen Ekonomi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah. Talkshow tersebut di pandu oleh saudari Rahma dan Kak Yoga sebagai pembicara. Kak Yoga adalah seorang mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat yang sejak semester 4 sudah menggeluti bidang bisnis. Beliau adalah pemimpin perusahaan "Global Marketindo" (perusahaan yang bergerak pada bidang pemasaran), selain itu juga bekerja sebagai marketer boneka horta. Talkshow ini diikuti oleh warga Desa Leuwinanggung RW 04 dan anggota karang taruna Desa Luwinanggung RW 04. Dalam talkshow tersebut, Kak Yoga menjelaskan bahwa pemasaran merupakan hal terpenting dari sebuah bisnis. Pemasaran itu sendiri adalah mengatur strategi dalam sebuah bisnis guna mencapai penjualan yang maksimal. Untuk menjual suatu produk, produsen harus melihat selera pasar. Sedangkan penjualan adalah akhir dari suatu proses pemasaran tersebut. Suatu manajemen pemasaran harus melihat dari kebutuhan, keinginan, dan juga permintaan. Untuk menciptakan suatu produk juga harus berdasarkan kebutuhan. Dalam manajemen pemasaran diperlukan juga marketing mix. Marketing mix adalah bauran pemasaran yang terdiri dari 4P (Product, Price, Place, dan Promosi). Talkshow yang berlangsung selama kurang lebih satu jam enam puluh menit berlangsung denga lancar. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh warga dapat dijawab dengan jelas oleh Ka Yoga. Kesimpulan yang dapat ditarik dari talkshow ini adalah sebuah bisnis akan berjalan dengan lancar dan berbuah hasil bila melakukan strategi pemasaran yang tersusun rapi. Dan untuk kegiatan bincang santai mengenai pengorganisasian tidak dapat terlaksana karena satu dan lain hal. Akan tetapi, kami tetap berharap bahwa warga Desa Leuwinanggung RW 04 dapat menerima dan mengaplikasikan segala informasi yang telah didapat. Kami pun, selaku panitia, tidak bosan untuk belajar dari semua proses yang telah terjadi dan tetap semangat dalam berusaha melakukan Pemberdayaan untuk Kemandirian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar